Senin, 31 Desember 2012

Omah Mlaku, Omah Mlayu....bus termewah persembahan dari PO. Nusantara




Mungkin temen - temen udah banyak yang tau tentang bus pariwisata termewah dari PO. Nusantara... Ya inilah " Omah Mlaku ", bus parisiata termewah di antara jajaran bus pariwisata lainnya di peruntukan bagi pelanggan yang membutuhkan kenyamanan dalam perjalanan pariwisata, keperluan perjalanan bisnis dan lainnya.

" Omah Mlaku " yang dalam bahasa jawa berarti rumah berjalan . Bus yang di launching pertama pada bulan februari 2008 ini memiliki fitur yang luar biasa mewah pada interior maupun eksterior_nya. Pada interior_nya fasilitas sama mewahnya dengan pesawat terbang VVIP, di situ terdapat TV LCD 20 inch,kursi pijat elektronik,kulkas,sofa yang dilapisi kulit yang lux, ruang meeting, hotspot area dan semua fasilitas elektronik dapat di pake secara bersamaan tanpa khawatir kekurangan suplay listrik,sebab telah di siapkan daya listrik 2000 watt dan tambahan 75 watt.

Untuk soal koneksi internet, pengelola bekerja sama dengan INDOSAT yang menyediakan koneksi High Speed Downlink Packet Acces ( HSDPA ) atau 3,5 G yang dapat memberikan layanan data hingga 3,6 Mbps

Di bagian belakang bus terdapat 2 buah tempat tidur yang di tata bersusun... di ruang terpisah terdapat dapur kering mini yang ada microwave_nya,juga terdapat tilet,meja makan ...wuiiiih,pokoknya mantep deh..( untuk lebih jelasnya,pantengin gambarnya yaaaak.... )



dapur kering mini yang di lengkapi microwave

tempat tidur bersusun

toilet mewah

sofa yang berlapis kulit

kusi pijat elektronik


TV LCD 20 inch....ruang ini letaknya persis di belakang kursi driver


Hot spot area, bisa ber_internetan


Pada eksteriornya bus ini menggunakan balutan body setra selendang besutan karoseri Adiputro terkesan sangat mewah dengan warna coklat ( cenderung muda ) nan elegan. Dengan menggunakan chasis Volvo ini bus ini nampak hampir menempel tanah walupun secara overall jarak dari tanah bus ini kelihatan tetap tinggi..

Bus yang di bangun di atas chasis Volvo B12M tak perlu diragukan lagi soal kenyamanannya...dengan mengusung sistem suspensi airsus, di kalangan bismania Volvo di kenal bus paling yahud sistem suspensinya.. Volovo B12M mengusung dapur pacu dengan kapasitas 12.000 CC yang mampu menyemburkan tenaga hingga 420 HP dengan standar Euro 3 yang di klaim dapat mengurangi tingkat polusi ...
Keunikan B12M di bagian dapur pacu yakni posisi mesin berada di posisi tengah chasis, bukan di belakang atau di depan seperti chasis bus kebanyakan...juga desain mesinnya horinsontal. Semua itu demi mengejar distribusi bobot yang ideal serta keseimbangan bus dalam melakukan manuver. Bus yang hanya boleh diisi maksimal 10 orang ini mempunyai sistem elektrikal yang canggih. Contohnya, ketika bus melewati jalan yang jelek, terdapat sensor ke mesin sehingga putaran mesin akan berkurang hingga bus berjalan lambat.

Omah Mlaku di bangun pada mulanya hanya untuk keperluan pribadi bapak Handoyo Budijanto yang notabene beliau adalah owner dari PO. Nusantara. Tapi karena adanya peluang pasar yang memang waktu belum ada bus mewah yang bisa di sewa,akhirnya di launching untuk komersil.

Untuk soal tarif , Omah Mlaku di sewakan dengan tarif Rp. 6 juta / 18 jam. Untuk memesan bus ini pengelola telah menentukan batas minimal waktu perjalanan dan jarak..
  • untuk rute Jakarta - Bandung minimal pemakaian 3 hari
  • untuk rute Jakarta - Yogya minimal pemakaian 6 hari
  • untuk rute Jakarta - Surabaya minimal pemakaian 8 hari
Tarifnya tetap sama hanya batas pemakaian minimal yang berbeda. Sementara masih pulau Jawa aja....

OMAH MLAYU




PO. Nusantara yang telah malang melintang selama kurang lebih 40 tahun di dunia transportasi kembali melaunching Omah Mlaku jilid II yang di beri label " Omah Mlayu " pada bulan Mei 2009. Pengelola masih mengandalkan mesin Swedia, tapi kali ini pake Scania dengan tipe mesin DC912 standar Euro 2 berkapasitas 9000 CC yang menyemburkan 260 HP.
Untuk urusan body masih percaya Adi Putro untuk menggarapnya dengan desain Irizar, bus masih tampak mewah dari segi eksteriornya. Dengan kapasitas 9000 CC tentunya fitur - fitur yang tertanam di bus Omah Mlaku sebelumnya akan di sesuaikan, yang pasti harga sewanya akan lebih murah jika di bandingkan dengan Omah Mlaku.....























Sekian dulu dari saya ya.... kapan- kapan di sambung lagi.... : )

Jumat, 28 Desember 2012

HARGA KAROSERI BIS Rp. 2 M...?Wuiiiih......!!!!!

Judul di atas memang tidak mengada-ada lho...memang benar adanya harga satu unit bus full dengan interior dan asesorisnya hampir menyentuh angka 2 Miliar...!!! . Tapi itu juga tergantung dari penggunaan chasis merk apa dan juga interior seperti apa yang dinginkan pelanggan.... 

Kita ambil contoh ....eeehmmm apa ya? contohnya body bus kesukaan saya aja yaaak... : ) , contohnya Legacy Sky SR-1 model ini bikinan LAKSANA karoseri buat kelas premium di jajaran era Big bus masa kini, kelasnya sejajar dengan premium bus dari karoseri lain macam Evonext keluaran New armada,Scorpion King , JetbusHD/royal travego, New patriot, Skyliner dan sebagainya....(  bagi yang belum tau bentuk modelnya,ntar di bagian akhir pantengin gambarnya yaaak....thx )

 Oke balik ke..... LegaSR-1, model ini untuk karoserinya saja harganya di kisaran 300 juta_an (standar) belum termasuk pemasangan tempat duduk,pemasangan AC... Terlebih lagi untuk bus yang kelas VIP ato super EXE harus ada fasilitas lain demi menambah kenyamanan penumpang antara lain toilet, TV LCD, smoking area, tempat duduknya juga reclining seat biar kaki penumpang bisa selonjoran.... pernik seperti itulah yang membuat harga 1 unit bus menjadi mahal... termasuk pemilihan material bahan baku dan pemasangan tempat duduk juga ikut mempengaruhi,maksudnya begini... seat yang kanan kiri berisi 2 seat harganya bisa lebih mahal di bandingkan dengan komposisi 2-3 seat...

nih....saya kasih contoh interior daleman bus....













terlepas dari itu yang mempengaruhi mahalna harga bus/unitnya yakni pemakaian chasisnya.... Chasis yaitu mesin dan kerangka plus drive terrain_nya. Klo pake chasis Hino RK-8 itu harganya kisaran 670_an , MB yang seri OH 1526 di kisaran 720 juta_an....lebih-lebih pake Scania K380iB waaaaah...mahal ( saya ga tau pasti harganya,yang jelas mahal, jauh diatas chasis MB... )

... Untuk kisaran rincian total dalam membangun sebuah bus ,saya sudah pernah menulis di postingan terdahulu klo temen-temen berminat silahkan buka postingan dengal judul : ROYAL TRAVEGO = JETBUS ? ....oh iya sesuai janji saya di atas, nih...saya sisipkan gambar model body-body bis....tapi untuk yang kategori premium class aja yaaak...

  • Laksana


Legacy SR-1 by LAKSANA

Legacy SR-1

Discovery by LAKSANA



  • Tentrem




Scorpion King by TENTREM

Scorpion King




  • Rahayu sentosa


Euroliner by RAHAYU SENTOSA

Skyliner by RAHAYU SENTOSA


  • Adi Putro

Irizar by ADI PUTRO

Jetbus HD (High Deck) by ADI PUTRO

JetbusHD

  • Morodadi Prima




Royal Travego by MORODADI PRIMA
modelnya mirip dengan JetbusHD_nya ADI PUTRO

Ventura by MORODADI PRIMA

New Patriot by MORODADI PRIMA

Tourismo by MORODADI PRIMA

  • New Armada




Evolutionext by NEW ARMADA

SuperBus 

Aristovo

Rabu, 26 Desember 2012

SEJARAH PO.SHANTIKA

PO. SHANTIKA  yang merupakan bis Muria_an didirikan pada tanggal 13 maret 2005 oleh Bapak Taufiek dengan jalur pertama yakni Jepara -Jakarta PP. Seiring dengan perkembangan waktu kemudian membuka jalur baru Jakarta -Purwodadi akan tetapi sampai pada saat ini jalur tersebut tidak sedang berjalan yang di sebabkan oleh beberapa alasan.... mungkin penumpangnya sepi.....ato jalur purwodadi memang jalurnya sering mengalami kerusakan,mungkin hal ini akan berdampak pada armada SHANTIKA yang memang sebagian besar ber-air suspension...

Tahun 2008 SHANTIKA yang bermarkas di ngabul, Jepara ini  mendapat suntikan dana investasi besar - besaran dari BANGUN PERKASA sangat memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan SHANTIKA hingga saat ini..


Pada tahun 2010 SHANTIKA membuka jalur baru Semarang - Solo PP dengan menggunakan armada ACTOR bikinan karoseri Tentrem, yang katanya unitnya milik YUDHA EXPRESS.




Terjadi perpindahan kepemilikan dari bapak Taufiek yang merupakan pendiri sekaligus pemilik SHANTIKA ke H. Ir. Suhartono dimana beliau adalah pemilik dari BANGUN PERKASA yang dulunya investor terbesar untuk PO. SHANTIKA. Dengan adanya perpindahan kepemilikan tersebut maka ...... Divisi Jepara mengalami perubahan menjadi NEW SHANTIKA... sedangkan divisi Madiun yang merupakan divisi baru yang menggunakan nama SHANTIKA ABADI berubah menjadi SHANTIKA PREMIER.

Temen - temen di akun @bismaniaorg sempet menyebut nama AM SHANTIKA...cuma belum dibahas lebih lanjut sih....jadi masih menjadi simpang siur...



sumber :

http://m.facebook.com/groups/388453217879610?m_sess=sozIyssO-RKN2CPyP&_rdr#389279811130284


Selasa, 18 Desember 2012

Julukan Pasukan Gajah Mulia Sejahtera



Keunikan dari armada PO. Gajah Mulia Sejahtera yakni setiap armada mempunyai julukan/gelar tersendiri... Ide pemberian gelar ini dari para GMSLover yang kemudian di usulkan kepada pihak manajemen GMS. Pemberian julukan kepada armada bus baru di lakukan oleh PO.GMS ,sebab biasanya pelanggan melihatnya dari nomor lambung ataupun dari nomor polisi_nya....
Jadi selain untuk membedakan antar armada, julukan ini juga untuk mempermudah menghafalkan armada GMS, dan itu terbukti cukup ampuh....

Meski di awal di anggap remeh oleh beberapa pihak, para GMSLover serta pihak manajemen tidak terpengaruh dan ini merupakan terobosan yang positif, bisa juga strategi marketing untuk memikat loyalitas pelanggan lama dan menarik minat pelanggan baru...

Letak julukannya ada di kaca samping kanan dan kiri ....ini contohnya : )




Julukan ini memang belum semuanya diberikan kepada seluruh armada GMS , tapi untuk ke depannya semua armada akan mempunyai julukan masing - masing. Dan setiap julukan yang di berikan ke setiap armada selalu mempunyai arti khusu yang menggambarkan armada tersebut..

Yuk kita bahas satu - satu julukan armada GMS....

  • NAVIGATOR : sang pembuka jalan, bus inilah yang menjadi pembuka jala High Deck pertama bus asli Wonogiri_an...
 
GMS Navigator


  •  HYPER SONIC : mempunyai filosofi kecepatan melebihi kecepatan suara..





  • AVATAR : yang mempunyai filosofi menguasai 4 elemen alam


GMS Avatar
  • EUROFIGHTER : 

GMS Euro fighter
  • GLADIATOR : filosofinya...petarung sejati,pantang menyerah dan...kuat

GMS Gladiator
  • INVASION : dikaitkan dengan menyerang pasar bis wonogirian....

GMS Invasion

invasion 2
  • MASTER COMBAT   : Sang ahli...dalam bertarung..

GMS Master combat
  • RAPTOR 

GMS Raptor

  • HUNTER  : pemburu di malam hari ,yang siap menerkam rival - rivalnya..


GMS Hunter
  • SHADOW



Sebenarnya masih banyak lagi sih...bis-bis GMS yang udah di kasih julukan tapi karena saya ilmunya masih terbatas ya...cuma ini yang bisa saya share kepada kalian semua....

Minggu, 16 Desember 2012

TIPS TOURING BISMANIA


Touring dalam sebuah komunitas #bismania adalah salah satu kegiatan wajib di lakukan, bukan cuma anak motor ama anak mobil dong yang bisa touring....

Touring_nya #bismania ya naik bis.....; ) , berikut tips_nya....:
  1. Tentukan daerah tujuan.
  2. Cari informasi mengenai PO yang ingin di gunakan atau bis yang recommended, misal : PO. Shantika ada bis baru model Skyliner dengan chasis MB OH 1830, maka cari info bis bakal nge_line hari apa dan jam berapa, tujuan mana... paham kan?
  3. Pesan tiket jauh-jauh hari agar dapat tempat duduk yang di kehendaki (hot seat) dan beli tiket_nya di tempat/agen resmi yaaak....: )
  4. Siapkan perbekalan secukupnya, bawa tas pinggang buat nyimpen dompet dan HP.
  5. Bawa kamera buat foto - foto.
  6. Bawa alat tulis dan pocketbook buat catat hal - hal teknis klo ntar ngobrol ama kru ato ketemu sesama #bismania agar kita makin pinter ngga cuma bisa foto_in bis doang...
  7. Jangan bawa minuman ber_alkohol , ntar bisa bikin onar...norak (...emang di bar)
  8. Bawa makanan ringan buat nyemil dalam bis... jangan bawa nasi yaaak...! kan udah dapet jatah makan lagian bakal norak banget di dalam bis buka nasi bungkus ...wkwkwk..
  9. Usahakan datang satu jam sebelum jam keberangkatan.
  10. BERDO'A penting itu...! agar kita selamat sampai tujuan...

Sabtu, 15 Desember 2012

profil po.bejeu



Bejeu | TheElegant BLACK BUS with  the COLORFULL Services







Pernah liat bis muria_an jurusan Jepara-Jakarta yang dominan berwarna gelap,hitam mengkilat?Poro sedulur pasti sering liat kan?Yuuup...benar PO. Bejeu. Berasal dari kota yang terkenal dengan ukiran dan produk furnitur,Jepara.

Berdiri sekitar tahun 2002, PO. Bejeu awalnya hanya melayani carter mobil saja tapi sejak juli 2007 mulai buka line AKAP (antar kota antar provinsi) Jepara - Jakarta.
Pemberian nama Bejeu sebenarnya adalah singkatan dari BJU yakni Bongkotan Jati Utama ,tapi agar lebih enak dalam pengucapannya kemudian dinamakan PO. Bejeu....

Usaha ini berawal dari usaha bongkotan kayu jati hasil lelang sejak tahun 1989,namun menurut pendiri sekaligus pemilik PO. Bejeu  H. Rofi'udin SE untuk menambah perputaran dana usaha lantas beliau mencoba membuka usaha transportasi. Di mulai dari armada Isuzu Bison,lantas tahun 2003 membeli bus besar hasil lelang bus bekas ex Big Bird di Jakarta.

Dengan ciri warna hitam dan slogan Black Bus Community ,PO.Bejeu berhasil menarik pengguna transportasi khususnya line Jepara - Jakarta. Fasilitasnya juga cukup menarik mulai dari AC, TV LCD, Reclining seat, toilet, smoking area dan yang menjadikan Bejeu menjadi pionirnya yaitu fasilitas Wifi on bus....#CMIIW . Para penumpang juga akan di berikan snack roti bermerk Bejeu.



Dalam kegiatan operasionalnya seluruh keluarga terlibat,masing-masing di berikan tugas dan peranannya. Gambar sembilan bintang dalam logo Bejeu menggambarkan jumlah keluarga yang terlibat dalam kepengurusannya...


Dan armada PO. Bejeu .....







Legacy SR-1


Galaxy



scorking Hino new headlamp





scorpion king TENTREM