Senin, 31 Desember 2012

Omah Mlaku, Omah Mlayu....bus termewah persembahan dari PO. Nusantara




Mungkin temen - temen udah banyak yang tau tentang bus pariwisata termewah dari PO. Nusantara... Ya inilah " Omah Mlaku ", bus parisiata termewah di antara jajaran bus pariwisata lainnya di peruntukan bagi pelanggan yang membutuhkan kenyamanan dalam perjalanan pariwisata, keperluan perjalanan bisnis dan lainnya.

" Omah Mlaku " yang dalam bahasa jawa berarti rumah berjalan . Bus yang di launching pertama pada bulan februari 2008 ini memiliki fitur yang luar biasa mewah pada interior maupun eksterior_nya. Pada interior_nya fasilitas sama mewahnya dengan pesawat terbang VVIP, di situ terdapat TV LCD 20 inch,kursi pijat elektronik,kulkas,sofa yang dilapisi kulit yang lux, ruang meeting, hotspot area dan semua fasilitas elektronik dapat di pake secara bersamaan tanpa khawatir kekurangan suplay listrik,sebab telah di siapkan daya listrik 2000 watt dan tambahan 75 watt.

Untuk soal koneksi internet, pengelola bekerja sama dengan INDOSAT yang menyediakan koneksi High Speed Downlink Packet Acces ( HSDPA ) atau 3,5 G yang dapat memberikan layanan data hingga 3,6 Mbps

Di bagian belakang bus terdapat 2 buah tempat tidur yang di tata bersusun... di ruang terpisah terdapat dapur kering mini yang ada microwave_nya,juga terdapat tilet,meja makan ...wuiiiih,pokoknya mantep deh..( untuk lebih jelasnya,pantengin gambarnya yaaaak.... )



dapur kering mini yang di lengkapi microwave

tempat tidur bersusun

toilet mewah

sofa yang berlapis kulit

kusi pijat elektronik


TV LCD 20 inch....ruang ini letaknya persis di belakang kursi driver


Hot spot area, bisa ber_internetan


Pada eksteriornya bus ini menggunakan balutan body setra selendang besutan karoseri Adiputro terkesan sangat mewah dengan warna coklat ( cenderung muda ) nan elegan. Dengan menggunakan chasis Volvo ini bus ini nampak hampir menempel tanah walupun secara overall jarak dari tanah bus ini kelihatan tetap tinggi..

Bus yang di bangun di atas chasis Volvo B12M tak perlu diragukan lagi soal kenyamanannya...dengan mengusung sistem suspensi airsus, di kalangan bismania Volvo di kenal bus paling yahud sistem suspensinya.. Volovo B12M mengusung dapur pacu dengan kapasitas 12.000 CC yang mampu menyemburkan tenaga hingga 420 HP dengan standar Euro 3 yang di klaim dapat mengurangi tingkat polusi ...
Keunikan B12M di bagian dapur pacu yakni posisi mesin berada di posisi tengah chasis, bukan di belakang atau di depan seperti chasis bus kebanyakan...juga desain mesinnya horinsontal. Semua itu demi mengejar distribusi bobot yang ideal serta keseimbangan bus dalam melakukan manuver. Bus yang hanya boleh diisi maksimal 10 orang ini mempunyai sistem elektrikal yang canggih. Contohnya, ketika bus melewati jalan yang jelek, terdapat sensor ke mesin sehingga putaran mesin akan berkurang hingga bus berjalan lambat.

Omah Mlaku di bangun pada mulanya hanya untuk keperluan pribadi bapak Handoyo Budijanto yang notabene beliau adalah owner dari PO. Nusantara. Tapi karena adanya peluang pasar yang memang waktu belum ada bus mewah yang bisa di sewa,akhirnya di launching untuk komersil.

Untuk soal tarif , Omah Mlaku di sewakan dengan tarif Rp. 6 juta / 18 jam. Untuk memesan bus ini pengelola telah menentukan batas minimal waktu perjalanan dan jarak..
  • untuk rute Jakarta - Bandung minimal pemakaian 3 hari
  • untuk rute Jakarta - Yogya minimal pemakaian 6 hari
  • untuk rute Jakarta - Surabaya minimal pemakaian 8 hari
Tarifnya tetap sama hanya batas pemakaian minimal yang berbeda. Sementara masih pulau Jawa aja....

OMAH MLAYU




PO. Nusantara yang telah malang melintang selama kurang lebih 40 tahun di dunia transportasi kembali melaunching Omah Mlaku jilid II yang di beri label " Omah Mlayu " pada bulan Mei 2009. Pengelola masih mengandalkan mesin Swedia, tapi kali ini pake Scania dengan tipe mesin DC912 standar Euro 2 berkapasitas 9000 CC yang menyemburkan 260 HP.
Untuk urusan body masih percaya Adi Putro untuk menggarapnya dengan desain Irizar, bus masih tampak mewah dari segi eksteriornya. Dengan kapasitas 9000 CC tentunya fitur - fitur yang tertanam di bus Omah Mlaku sebelumnya akan di sesuaikan, yang pasti harga sewanya akan lebih murah jika di bandingkan dengan Omah Mlaku.....























Sekian dulu dari saya ya.... kapan- kapan di sambung lagi.... : )

3 komentar:

  1. hebat tp harga msh mahal bos...

    BalasHapus
  2. share gan.. untuk yang mau sewa mobil hiace di kota cirebon, mampir di blog aku..http://cirebonrenthiace.blogspot.com/ .. terima kasih..

    BalasHapus
  3. selamat pagi bang, ijin mengambil foto omah mlayu, semoga sukses selalu

    BalasHapus